Rangkuman (Kelas IX)

a.     Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa telah mengalami berbagai pengalaman sejarah yang memiliki tujuan akhir merubah Pancasila sebagai dasar negara.

b.     Berbagai tantangan saat ini dan masa depan juga dapat mengancam kedudukan Pancasilaa sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa apabila kita tidak mewaspadainya.

c.     Pancasia sebagai ideologi terbuka memiliki makna bahwa Pancasila memiliki nilai-nilai dasar yang tetap dan tidak dapat berubah. Nilai dasar ini diwujudkan dalam nilai instrumental dan nilai praksis yang disesuikan dengan perkembangan masyarakat.

d.     Sebagai ideologi terbuka, Pancasila telah mampu membuktikan selalu menjadi dasar negara dan ideologi nasional bangsa Indonesia.

e.     Tugas bangsa Indonesia dalam mewujudkan Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah memastikan bahwa perwujudan nilai-nilai instrumental dan nilai praksis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tidak menyimpang dari nilai-nilai dasar Pancasila.   


Tugas>>>>> Silakan dicatat dan dikumpulkan hari sabtu ini. jangan lupa absen melalui  https://forms.gle/ju5264ccUF7TwXdr8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 1. Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila (Kelas VIII) Bagian 3

BAB I. MENGIMANI ALLAH SWT MELALUI ASMAUL HUSNA BAGIAN 2

BAB1. DINAMIKA PERWUJUDAN PANCASILA SEBAGAI DASAR DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA BAGIAN 2