BAB I. MENGIMANI ALLAH SWT MELALUI ASMAUL HUSNA BAGIAN 2

B. MEMAHAMI PENGERTIAN DAN 7 MACAM ASMAUL HUSNAH



1.     Al-Karim
            Allah al-karim artinya Allah yang maha mulia. Bukti kemuliaan Allah adalah Dia mengampuni orang-orang yang bersalah sesuai kehendak-Nya, segera tidak menyiksa seorang hamba yang berdosa melainkan memberinya kesempatan untuk bertobat terlebih dahulu, memenuhi janji-janji-Nya yang mendahului neraka berlebih kepada siapapun sekehendak-Nya, dan juga rahmat-Nya yang mendahului murka-Nya.
2.     Al Mu’min
          Allah al-mu’min artinya allah yang maha Pemeri Aman. Dialah Dzat yang berkuasa mendatangkan rasa amana dab menghindarkan berbagai macam marabahaya bagi hamba-Nya yang bertaqwa dan senantiasa memperbanyak amal saleh.
3.     Al-Wakil
            Allah al-wakil artinya Allah Maha Memelihara, karena itulah hanya kepada Allah saja dipasrahkan segala sesuatu. Manusia memang diharuskan untuk berusaha dari berdoa, namun urusan hasil adalah di tangan Allah, karenanya sudah semestinya kita sebagai orang yang beriman memasrahkan atau menyandarkan segala sesuatu hanya kepada Allah.
4.     Al-Matin
                   Allah al-matin artinya Allah Maha Kokoh. Dia memiliki kekuatan yang sangat kokoh tidak dapat tergoyangkan oleh perbuatan makhluk-makhluk-Nya. Artinya, apapunyang dilakukan oleh makhluk-Nya baik atau buruk, bermanfaat atau berbahaya, kecil atau besar, bahkan jika Allah mengucurkan rezeki-Nya secara terus-menerus kepada seluruh makhluk-Nya, maka hal tersebut tidak akan mengurangi kokohnya kekuatan Allah SWT.
5.     Al-Jami’
                   Allah al-jami’ artinya Allah Maha Mengumpulkan. Allah sangat berkuasa menghimpunkan segala sesuatu. Allah mampu menghimpunkan hal-hal yang sama, sepertia mengumpulkan manusia di muka bumi atau mengumpulkan orang-orang yang beriman didalam Jannah-Ny, padahal di dunia masih terpisah-pisah.
6.     Al-‘Adlu
                   Al-‘Adlu artinya Allah Maha Adil. Keadilan Allah mencakup segala hal, baik yang berkaitan dengan urusan dunia ataupun urusan di akhirat. Allah tidak pernah membeda-bedakan ibadah antara orang kaya dengan orang yang miskin, semua memiliki kewajiban yang sama yaitu beribadah kepada Allah SWT. Keadilah adalah lawan dari kezaliman, karenanya Allah membeci orang-orang yang berbuat kezaliman yang identic dengan kerusakan, penderitaan, dan kebencian. Sedangkan keadilan identic dengan kedamaian, kemakmuran, keteraturan, dan keberkahan.
7.     Al-Akhir
                   Allah Al-Akhir artinya Allah Maha Akhir. Asma ini menegaskan tentang kemustahilan akan ketiadaan-Nya, sehingga asma ini bermakna bahwa tidak ada masa berakhir bagi Dzat dan sifat-sifat-Nya. Dia tidak berawal maka Dia juga tidak berakhir.

Tugas (Tulis di kertas 1 lembar)
1. Carilah pengamalan  dari 7 asmaul husna yang telah kalian baca dalam kehidupan sehari-hari di internet atau sumber (literasi) yang lain !
2. Setelah selesai mengerjakan tugas tersebut, silakan dikumpul melalui link di bawah ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 1. Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila (Kelas VIII) Bagian 3

BAB1. DINAMIKA PERWUJUDAN PANCASILA SEBAGAI DASAR DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA BAGIAN 2